Mesin Fotocopy Canon

mesin fotocopy canonTaukah anda didalam mesin fotocopy canon terdapat fitur fitur yang bisa kita pergunakan untuk mempermudah pekerjaan kita seperti print, scan, ataupun send. Tetapi tidak sedikit juga yang belum memahami akan hal ini bahkan sangat jarang kita jumpai ditempat usaha fotocopy yang bisa memaksimalkan fitur ini.

Pada artikel kali ini saya akan memberikan tips bagaimana memanfaatkan salah satu fitur yang ada pada mesin fotocopy Canon Digital. Fitur tersebut adalah scan, sebelum saya jelaskan bagaimana memanfaatkan fitur ini anda perlu tau dulu sebenarnya apa sih yang disebut dengan scan itu? Scan atau scaning adalah suatu proses konversi dokumen dari bentuk Hardcopy ( kertas ) menjadi softcopy (Image file) dan hasil dari proses ini bisa disimpan di media hardisk atau flashdisk.

Ok… setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan Scan yang terdapat pada mesin fotocopy, sekarang saatnya untuk mengerti bagaimana mengaktifkan fitur ini pada mesin fotocopy anda. Perlu anda ketahui tidak semua mesin fotocopy Canon dilengkapi dengan fitur Scan, fitur ini biasanya terdapat pada mesin fotocopy digital saja. Apasaja yang harus kita persiapkan untuk bisa menggunakan fitur ini?

  •  Mesin fotocopy digital yang sudah dilengkapi fitur Scan
  • Komputer atau Laptop
  • Installer Network Scan Gear usahakan versi terbaru dan jika anda belum punya bisa didownload di situs resmi Canon
  • Kabel LAN, dan perlu diingat Scan hanya bisa dilakukan dengan media kabel LAN dan tidak bisa menggunakan kabel USB
  • Adobe Acrobat Profesional

Langkah instalasi:

  • instal network scan gear pada komputer atau laptop kemudian pada bagian IP address isilah alamat IP mesin yang sebelumnya anda sudah isikan pada mesin fotocopy.
  • Setelah mengisi IP address pastikan sudah conect ( terhubung ) antara mesin dengan network scan gear yaitu dengan cara Check Available for scanning.
  • Instal Adobe Acrobat Provesional pada komputer anda.

Lakukan tes:

  • Masukkan dokumen yang akan kita scan pada Feeder ( ADF ) atau kaca posisi seperti pada saat kita akan fotocopy  kemudian aktifkan menu scan ke posisi online
  • Jalankan Adobe acrobat professional langkahya sbb:
  1.  Buka program adobe acrobat professional
  2. Create pdf from scanner
  3. Pilih neteork scan gear
  4. Pastikan setingan kertas atau pilih saja auto
  5. Klik scan dan tunggu hingga proses selesai
  6. Klik done.
  • Hasil scan akan nampak pada program Adobe Acrobat profesional dan anda bisa menyimpannya ke media penyimpanan anda.
  • Anda bisa mengeksplore beberapa fitur yang terdapat pada scan gear tool untuk setingan seperti bolak balik dan yang lainnya.

Pastikan anda selalu menonaktifkan fitur scan ke posisi offline setelah melakukan scan dokumen, karena apabila fitur scan hidup atau aktif maka fitur copy pada mesin fotocopy tidak bisa di jalankan.

Sekian tips tentang fitur scan yang terdapat pada mesin fotocopy canon digital semoga tips ini bermanfaat untuk anda.

Salam

GMC Team.